Digital Marketing : Panduan digital marketing dari awal
Mengenal lebih dalam Digital Marketing

Digital Marketing : Panduan digital marketing dari awal

Mengenal lebih dalam Digital Marketing

Halo Sobat Edig!
Apakah Kamu telah mengenal konsep digital marketing atau masih dalam tahap penjelajahan?

Mari kita membahas lebih lanjut agar Kamu dapat meraih pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana digital marketing bisa membentuk dan memajukan strategi pemasaran modern kita.

Pendahuluan

Perusahaan perusahaan di dunia, kini tengah bersiap mengembangkan strateginya untuk memulai kearah digital & banyak perusahaan juga kini tengah mencari talenta terbaik untuk mengisi posisi digital di perusahaannya. Dan di era digital seperti sekarang, penerapan akan digital marketing lebih massive ketimbang sebelumnya karena jangkauannya lebih luas namun dengan usaha yang tidak memakan banyak waktu.

Apalagi dengan dunia yang sedang di landa wabah penyakit, peran digital marketing kini sangat krusial bukan hanya untuk sekedar memasarkan produk lalu meraih untung namun menjadi aset digital yang bisa di manfaatkan jangka panjang. Jadi kali ini artikel ini akan membahas hal apa saja yang bisa dilakukan dengan digital marketing dan bagaimana memanfaatkan digital marketing sebagai metode pemasaran yang efektif.

Apa itu digital marketing?

Digital Marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan saluran-saluran digital dan media online untuk menyebarkan pesan pemasaran. Ini mencakup berbagai strategi, mulai dari media sosial dan iklan online hingga kampanye email dan optimisasi mesin pencari. Tujuan utama dari Digital Marketing adalah meningkatkan visibilitas, menarik perhatian audiens target, dan menghasilkan konversi yang signifikan.

Selain itu digital marketing pun mempunyai platform tersendiri yang dimana dapat menjangkau customer lebih luas dan mudah tanpa harus bertatap muka dan mempunyai biaya yang relative jauh lebih murah ketimbang memasang iklan di baliho atau televisi.

Kelebihan Digital Marketing 

1.    Meningkatkan Brand Awarness
Alasan ini tidak dapat dipungkiri lagi menjadi salah satu kelebihan digital marketing, karena orang akan lebih mudah mengenali brand dan produk anda karena visibilitas yang meningkat. Selain itu, orang juga akan mudah mencari jika produk yang mereka inginkan jual jasa atau produknya sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2. Jangkauan pemasaran yang luas
Kelebihan digital marketing selanjutnya yang menjadi keuntungan adalah jangkauan pemasaran yang lebih luas, karena tidak hanya region sekitaran saja bahkan yang berbeda negarapun bisa di jangkau dengan mudah apalagi kini semua orang menggunakan akses internet.

3. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

Platform media pendukung digital marketing

1. Website
Setuju atau tidak website adalah salah satu tools pendukung digital marketing, Mengapa demikian? Karena website bisa diibaratkan sebagai rumahnya baik itu perusahaan atau penyedia jasa. Jika rumah bernama website tersebut itu bagus dan menarik  secara tidak langsung orang akan mau berkunjung ke website tersebut.

2. Social Media
Jika website diibaratkan rumah, social media bisa dikatakan sebagai halaman depan sebuah rumah, yang tampil sebagai gambaran singkat untuk daya tarik orang mengetahui sebuah informasi singkat dari sebuah perusahaan baik itu produk atau yang dijual atau jasa apa yang dijual

3. E commerce
Jika produk yang dijual perusahaan berupa barang dan bukan jasa, ada baiknya membentuk e commerce kesayangan para pelanggan seperti:  Tokopedia, shopee, bukalapak. Hal itu tentunya akan mempermudah customer untuk menjangkau produk yang anda jual.

4. Digital advertising
Jika ingin winning di dalam sebuah kompetisi keyword ataupun ingin menjangkau aundice secara lebih luas, cara digital ads sangat bisa dipertimbangkan apalagi secara biaya lebih terjangkau dan effortless. Namun juga di pertimbangkan dimana iklannya karena baik google ads dan ig ads sangat berbeda algorithmanya.

Channel channel distribusi digital marketing

1. Search Engine Optimization SEO
Search Engine Optimization atau dikenal SEO biasa diketahui oleh banyak orang sebagai ilmu seni untuk mendapatkan sumber pencarian online melaui mesin pencarian, menurut beberapa sumber. Tujuan Search Engine Optimization itu sendiri memang adalah salah satunya untuk menjadikan sumber pencarian online untuk berkunjung ke sebuah website melalui sebuah kata kunci yang tertanam secara organik dengan biaya yang relatif jauh lebih murah ketimbang melakukan google ads atau facebook ads.

2. Social Media Marketing
Secara sederhananya, social media marketing adalah proses pemasaran digital melalui Sosial media.proses pemasaran tersebut dihasilkan oleh sebuah konten yang di sajikan untuk menarik perhatian public untuk meningkatkan awareness yang tinggi.

3. Email Marketing
Menurut HubSpot, email marketing bukanlah spam ataupun kiriman salam dari teman lama. Jika ditarik pengertiannya, email marketing adalah pertengahan di antara dua jenis email tersebut. Bila dimanfaatkan dengan benar, email marketing bisa membantu membangun relasi yang baik dengan customer. 

4. Pay Per Clic ( PPC )
PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Ini adalah jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli visit atau kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.

5. Konten Marketing
Content marketing adalah strategi pemasaran hampir sama dengan sosial media marketing dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer.perbedaanya hanya platformnya saja dimana konten marketing bisa di upload di media selain sosial media.

Kesimpulan

Sebagai pemasar atau pengusaha, kesadaran akan peran krusial Digital Marketing menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan dalam dunia yang terus berubah ini. Melalui pendekatan yang cerdas, adaptabilitas terhadap tren baru, dan pemanfaatan data dengan bijak, kita dapat terus menembus horison pemasaran modern dan meraih peluang tanpa batas yang ditawarkan oleh era digital ini.

Itulah pembahasan singkat mengenai Digital Marketing,
Mari bersama-sama menjelajahi dan mengoptimalkan segala potensi yang ditawarkan oleh Digital Marketing untuk menuju masa depan pemasaran yang lebih canggih dan efektif!
...

Next bahas apa lagi ya?

Ciptakan kolaborasi tim yang baik dengan sistem yang terintegrasi

Bangun bisnismu bersama Ecodigitus!
Digital Marketing : Panduan digital marketing dari awal
PT ECODIGITUS SAINS TEKNOVASI 22 April, 2021
Share this post
Archive
Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)
Mengenal lebih dalam tentang Search Engine Optimization (SEO)