Digital Marketing : Panduan digital marketing dari awal

Digital Marketing : Panduan digital marketing dari awal

Perusahaan perusahaan di dunia, kini tengah bersiap mengembangkan strateginya untuk memulai kearah digital & banyak perusahaan juga kini tengah mencari talenta terbaik untuk mengisi posisi digital di perusahaannya. Dan di era digital seperti sekarang, penerapan akan digital marketing lebih massive ketimbang sebelumnya karena jangkauannya lebih luas namun dengan usaha yang tidak memakan banyak waktu.

Apalagi dengan dunia yang sedang di landa wabah penyakit, peran digital marketing kini sangat krusial bukan hanya untuk sekedar memasarkan produk lalu meraih untung namun menjadi asset digital yang bisa di manfaatkan jangka Panjang. Jadi kali ini artikel ini akan membahas hal apa saja yang bisa dilakukan dengan digital marketing dan bagaimana memanfaatkan digital marketing sebagai metode pemsaran yang efektif.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah pengembangan pemasaran konvensional melalui media digital. Tak jauh berbeda dengan marketing konvensional tujuan dari digital marketing  ini adalah untuk menjangkau customer  atau consumen sebanyak mungkin lalu menghasilkan keuntungan dengan efektif dan efisien, namun bedanya digital marketing menggunakan pendekatan campuran strategi marketing seperti metode 4C  atau 4P dengan teknologi digital.

Selain itu digital marketing pun mempunyai platform tersendiri yang dimana dapat menjangkau customer lebih luas dan mudah tanpa harus bertatap muka dan mempunyai biaya yang relative jauh lebih murah ketimbang memasang iklan di baliho atau televisi.

Kelebihan Digital Marketing 

1. Meningkatkan Brand Awarness


Alasan ini tidak dapat dipungkiri lagi menjadi salah satu kelebihan digital marketing, karena orang akan lebih mudah mengenali brand dan produk anda karena visibilitas yang meningkat. Selain itu, orang juga akan mudah mencari jika produk yang mereka inginkan jual jasa atau produknya sesuai dengan yang mereka butuhkan.


2. Jangkauan pemasaran yang luas

Kelebihan digital marketing selanjutnya yang menjadi keuntungan adalah jangkauan pemasaran yang lebih luas, karena tidak hanya region sekitaran saja bahkan yang berbeda negarapun bisa di jangkau dengan mudah apalagi kini semua orang menggunakan akses internet.

3. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.


Platform media pendukung digital marketing

1. Website

Setuju atau tidak website adalah salah satu tools pendukung digital marketing, Mengapa demikian? Karena website bisa diibaratkan sebagai rumahnya baik itu perusahaan atau penyedia jasa. Jika rumah bernama website tersebut itu bagus dan menarik  secara tidak langsung orang akan mau berkunjung ke website tersebut.


2. Social Media

Jika website diibaratkan rumah, social media bisa dikatakan sebagai halaman depan sebuah rumah, yang tampil sebagai gambaran singkat untuk daya tarik orang mengetahui sebuah informasi singkat dari sebuah perusahaan baik itu produk atau yang dijual atau jasa apa yang dijual


3. E commerce

Jika produk yang dijual perusahaan berupa barang dan bukan jasa, ada baiknya membentuk e commerce kesayangan para pelanggan seperti:  Tokopedia, shopee, bukalapak. Hal itu tentunya akan mempermudah customer untuk menjangkau produk yang anda jual.


4. Digital advertising

Jika ingin winning di dalam sebuah kompetisi keyword ataupun ingin menjangkau aundice secara lebih luas, cara digital ads sangat bisa dipertimbangkan apalagi secara biaya lebih terjangkau dan effortless. Namun juga di pertimbangkan dimana iklannya karena baik google ads dan ig ads sangat berbeda algorithmanya.



Channel channel distribusi digital marketing 

1. SEO

Search Engine Optimization atau dikenal SEO biasa diketahui oleh banyak orang sebagai ilmu seni untuk mendapatkan sumber pencarian online melaui mesin pencarian, menurut beberapa sumber. Tujuan Search Engine Optimization itu sendiri memang adalah salah satunya untuk menjadikan sumber pencarian online untuk berkunjung ke sebuah website melalui sebuah kata kunci yang tertanam secara organik dengan biaya yang relatif jauh lebih murah ketimbang melakukan google ads atau facebook ads.

2. SOCIAL MEDIA MARKETING


Secara sederhananya, social media marketing adalah proses pemasaran digital melalui Sosial media.proses pemasaran tersebut dihasilkan oleh sebuah konten yang di sajikan untuk menarik perhatian public untuk meningkatkan awareness yang tinggi.

3. EMAIL MARKETING

Menurut HubSpot, email marketing bukanlah spam ataupun kiriman salam dari teman lama. Jika ditarik pengertiannya, email marketing adalah pertengahan di antara dua jenis email tersebut. Bila dimanfaatkan dengan benar, email marketing bisa membantu membangun relasi yang baik dengan customer. 

 

4. PAY PER CLIC ( PPC )

PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Ini adalah jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli visit atau kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.


5. KONTEN MARKETING


Content marketing adalah strategi pemasaran hampir sama dengan sosial media marketing dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer.perbedaanya hanya platformnya saja dimana konten marketing bisa di upload di media selain sosial media.











Istilah yang wajib dipelajari sebelum memulai SEO