Desain Grafis Sebagai Kunci Keberhasilan Strategi  Digital Marketing
By : Ecodigitus

Dalam dunia digital marketing menentukan sebuah gambar tentu akan menjadi peran yang sangat penting, karena gambar bisa menjadi ilustrasi sebuah penyampaian mengenai ratusan bahkan jutaan cerita didalamnya. Mengenai perasaan sedih, senang, marah hingga bahagia juga mampu disampaikan oleh suatu gambar, sehubungan dengan hal tersebut, maka gambar juga dapat mempengaruhi perasaan bahkan kondisi psikologis bagi siapa saja yang melihat gambar tersebut. Oleh karena itu pemilihan gambar dalam dunia pemasaran digital sangatlah penting.

Pembahasan mengenai betapa pentingnya pemilihan suatu gambar untuk digital marketing tentu tidak akan lepas dari kata “desain grafis”. Kalau saja pemilihan gambar sangat penting bagi pemasaran digital maka desain grafis juga jauh lebih penting dalam dunia digital marketing. Maka desain grafis juga sangat diperlukan untuk sebuah srategi menarik audience agar dapat melihat sehingga tertarik dengan apa yang kita pasarkan. Akan lebih baik jika dalam suatu konten desain grafis memiliki suatu arti atau pesan tersendiri yang memiliki tujuan tertentu sehingga nantinya akan membuat audience tertarik. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan strategi digital marketing. Dimana digital marketing ini adalah sebuah strategi pemasaran yang sedang banyak digunakan di zaman ini, terlebih di saat era pandemic seperti ini karena pada era inilah semua orang akan memanfaatkan ponsel untuk semua kegiatan pemasaran hingga jual-beli.

Penggunaan strategi pemasaran digital ini akan sangat berpengaruh pada penjualan produk maupun jasa, karena hal inilah desain grafis akan membuat audience tertarik pada produk ataupun jasa yang kita jual. Sehingga dibutuhkan konten desain grafis yang memiliki suatu ciri khas yang menonjol dan berbeda dari konten desain grafis lainnya.

Dengan adanya konten desain grafis yang menarik perhatian audience ini akan berpengaruh terhadap penggambaran mengenai kualitas suatu produk ataupun jasa yang dijual, maka dari itu pengetahuan mengenai desain grafis juga sangat dibutuhkan sebelum kamu akan memulai menerapkan strategi digital marketing. Untuk pengertian, kualifikasi, hingga fungsi desain grafis akan kami bahas disini.

1. Definisi Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu bentuk dari komunikasi visual. Desain grafis menggunakan gambar sebagai media untuk penyampaian informasi. Pesan yang disampaikan di sana juga diimplementasikan dengan cara seefisien mungkin.

Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu: desain dan grafis. Desain merupakan suatu rancangan maupun perencanaan yang dilakukan sebelum pembuatan sesuatu, mulai dari suatu objek, komponen hingga sebuah produk, berupa model, ataupun gambar. Sedangkan grafis merupakan ilmu menurut sebuah perancangan titik, juga garis. Karena hal ini akan menciptakan sebuah gambar, yang sanggup memberikan sejumlah informasi dan menciptakan suatu proses yang berhubungan dengan percetakan. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa desain grafis merupakan ilmu yg mengandalkan sebuah kreatifitas pada pembentukan suatu rancangan yg berbentuk gambar. Tujuan akhirnya merupakan sebuah kepentingan untuk ditindak lanjuti menuju proses percetakan.

Adapun desain grafis menurut para ahli.

Menurut Danton Sihombing, desain grafis merupakan kumpulan-kumpulan elemen yang disatukan dan menjadi sebuah visual dengan teknik tipografi atau juga ilustrasi yang menerapkan dua fungsi, yaitu perangkat komunikasi dan juga perangkat visual.

Menurut Jessica Helfand, definisi dari desain grafis merupakan kesatuan kompleks antar kata- kata dan juga gambar-gambar, angka hingga grafik, foto beserta ilustrasinya dimana pemikiran khusus  seorang individu untuk bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut sehingga bisa menjadi suatu konten desain grafis sangat dibutuhkan disini. Sehingga bisa menciptakan sesuatu yang berguna dan juga mudah untuk diingat.

2. Kualifikasi Desain Grafis

• Visual Identity Graphic Design
Jenis dari jenis desain grafis yang satu ini merupakan desain yang berkaitan dengan identitas hal yang mendasar dari suatu organisasi dan juga bisnis besar, sedang, maupun kecil yang nantinya akan menjadi identitas dari organisasi atau bisnis tersebut. Jenis desain grafis yang satu ini meliputi logo, palet warna yang akan digunakan dan juga tipografi yang nantinya akan mewakili organisasi maupun bisnis yang ingin dijalani.

• Desain Grafis Pemasaran
Promosi tentu saja menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pemasaran, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi para calon customer untuk membeli produk atau jasa yang dijual atau tidak, karena hal ini tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar maupun kecil menggunakan jasa desain grafis dalam pembuatan konten desain grafis untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual.

• User Interface Design
Desain User Interface (UI) merupakan suatu proses yang digunakan para desainer untuk membangun tampilan dalam perangkat terkomputerisasi ataupun perangkat lunak, dengan inti yang ada pada gaya atau tampilan. Desainer UI ini sendiri memiliki tujuan melahirkan sebuah desain antarmuka guna membuat audience merasa kemudahan dan juga kesenangan.

• Desain Publikasi
Desain publikasi merupakan salah satu jenis desain yang bertugas untuk membuat konten visual pada buku, majalah, koran hingga katalog, baik dalam bentuk digital maupun cetak. Maka dari itu, desainer publikasi juga biasanya berkolaborasi dengan penerbit guna melahirkan pengalaman agar pembaca lebih merasa terkesan.

• Motion Graphic Design
Jenis desain grafis yang satu ini adalah salah satu desain yang dapat bergerak, sesuai dengan namanya yaitu “motion” yang merupakan satu kesatuan dari visual, suara, video, hingga efek-efek animasi dengan gerakan-gerakan. Desainer motion graphic ini biasanya bertugas untuk membuat desain grafis dinamis dengan gerakan-gerakan yang akan membuat orang yang melihatnya terkesan.

• Environmental Graphic Design
Environmental graphic design ini merupakan suatu bentuk desain grafis yang memiliki bentuk visual yang berhubungan dengan komunikasi publik tentang setting dan tempat tertentu, seperti interior dan lanskap. Hal ini tidak terpisah dari tujuan Environmental graphic design, dimana desain ini bertujuan untuk memperkaya khalayak umum dengan membuat lokasi menarik, mudah diingat, akrab, dan dapat di navigasi. Contoh desain jenis ini adalah angkutan umum dan mural.

3. Fungsi Desain Grafis
Adanya kemunculan desain grafis di era digital marketing saat ini bukan tanpa alasan, ada beberapa fungsi yang menjadi pendorong adanya desain grafis, semakin zaman mengalami kemajuan maka semakin beraneka ragam pula fungsi desain grafis. Lalu kira-kira apa saja fungsi-fungsi desain grafis tersebut? Mari kita bahas.
 
• Desain Grafis sebagai Media Komunikasi
Ternyata fungsi desain grafis yang pertama ini cukup penting dalam dunia digital marketing, loh! Karena penggunaan desain grafis ini menjadi salah satu media komunikasi seperti pembuatan slogan, banner hingga gambar dengan tulisan sebagai sarana informasi agar lebih menarik perhaian khalayak sehingga nantinya orang-orang yang melihatnya akan lebih memahami tulisannya.

• Desain Grafis sebagai Media Promosi
Selain mempunyai fungsi sebagai media komunikasi, ternyata desain grafis juga bisa menjadi media promosi usaha loh, readers! Seperti yang sudah dibahas diatas, semakin zaman mengalami kemajuan, maka semakin canggih juga orang-orang memiliki strateginya dalam mempromosikan produk atau jasanya. Saat ini banyak orang-orang lebih memilih penggunaan gadget, maka tidak sedikit juga pemilik bisnis yang memasarkan usahanya lewat sarana media sosial. Untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual, maka pemilik bisnis juga membutuhkan desain grafis semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian bagi orang-orang yang melihatnya sehingga tergerak untuk membeli produknya atau bahkan menggunakan jasanya untuk kegiatan promosi berupa gambar statis maupun dinamis.

• Desain Grafis sebagai Media Penyaluran Bakat dan Hobi
Fungsi desain grafis yang terakhir adalah sebagai media penyalur bakat dan seni. Di dunia ini, tidak sedikit orang yang menyukai gambar-gambar, oleh karena itu mereka para pecinta gambar-gambar dapat menyalurkan hobinya lewat desain grafis. Karena hobi ini cukup dibutuhkan dan nantinya akan mendapat penghasilan dari hobinya.

Nah jadi diatas adaah penjelasan mengenai pengertian, kualifikasi dan juga fungsi dari desain grafis. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembuatan desain grafis yang menarik ini cukup penting ya dalam strategi digital marketing, selain karena desain grafis memiliki fungsi sebagai media promosi, desain grafis juga dapat menarik khalayak karena keindahannya. Jika kamu tidak bisa membuat desain grafis tapi mempunyai usaha dan ingin memasarkannya di media sosial maka kamu cukup menghubungi ecodigitus dan kami siap membantu untuk permasalahan desain yang kamu punya. Mulai dari pembuatan logo hingga desain feeds Instagram dengan harga merakyat desain meroket.
MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT UNTUK BISNISMU YANG LEBIH BAIK
by : Ecodigitus